R E V I E W = R : Raja, Ratu & Rahasia - Wulan Fadi

Gambar terkait


Judul : R : Raja, Ratu & Rahasia
Penulis : Wulan Fadila Fatia (@wulanfadi)
Tahun Terbit : 2016
Penerbit : Best Media
Jumlah Halaman : 388 halaman 
Rate : 92 / 100

Blurb: 

"Raja marah?"  meski seratus persen yakin dengan jawaban laki-laki itu, Raja, gadis itu, tetap bertanya. Tetapi, Raja tidak pernah menunjukkan amarahnya di depan gadis itu.
     
      Raja hanya mengulurkan tangannya dan berkata,  " Ayo pulang, Ratu." 

      Gadis itu, Ratu, menyambut uluran tangan Raja. 



Jadi, R : Raja, Ratu & Rahasia bercerita tentang kisah dua anak SMA bernama Raja dan Ratu. Takdir yang tak menyenangkan membuat mereka bertemu. Ratu harus dititipkan di rumah Raja, sedangkan kakak nya, Reon, pergi bekerja. Sebelumnya, mereka memang sudah lama berteman sejak bayi. Bahkan, saat masih bayi, Ibu mereka memberi nama yang sepasang, tanpa sengaja. 

Anyway, Raja-Ratu ini couple wattpad favorit aku banget, lho. Dan, jalan ceritanya natural dan sederhana. Dimulai dari Raja yang suka banget ngutang Mie Ayam nya Pak Safiudin--Penjual Mie Ayam di SMA Adhi Wijaya--. Ngutangnya suka nggak kira-kira memang, bahkan sampai harus Bunda-nya yang ngelunasin , karena udah terlalu sering ditegur langsung oleh Pak Safiudin.Orang mana yang punya uang saku yang cukup, tapi hidupnya selalu ngutang? Sepertinya hanya Raja😂. Tapi aku nggak mau jelasin lebih lanjut, ada alasan yang besar dari hal itu tadi dan bakal bikin kamu mengidolakan doi. Btw, sorry kalau agak spoiler nih :| . 

Terus, dibalik kebiasaan ngutang akut nya itu, Raja punya temen yang sifatnya menurutku agak gimana gitu, yakni Resta dengan sifat cenayang nya--karena apa yang dia tebak, pasti  benar--, Edo yang suka banget ngehabisin sisa makanan orang, trus  Ladit yang demen banget jadi mak comblang nya Raja-Ratu.

Dan nggak kalah sama Raja, Ratu juga punya 3 temen yang selalu nemenin dia setiap saat. Adalah Agung dengan rambut jabrik dan mata belo nya, Leon dengan pipi tembam dan sifat mudah paniknya, dan Leoni dengan sifat cerewetnya.

Kisah persahabatan Ratu,Agung,Leon,dan Leoni terdapat cerita yang rumit. Mungkin beberapa orang bilang kalau persahabatan antara cewek dan cowok nggak mungkin nggak bakal memiliki perasaan lebih dari sekedar teman. Pernyataan itu mungkin ada yang memang bisa terjadi seperti kisah Ratu dan ada yang tidak terjadi dan menganggap satu sama lain sebagai teman. Empat sekawan ini ribet, menurutku. Sekali lagi, maaf kalau banyak spoiler.

Leoni → Agung → Ratu ↔ Raja
Leon → Ratu ↔ Raja
Raja ↔ Ratu

Novel R ini tuh jadi moodbooster di saat musim ulangan dan jadi gemas sendiri sama tingkah tokoh-tokohnya, berakhir dengan aku yang lupa belajar gara-gara marathon baca ini sampai habis wkwkwk😅. Buat yang udah pernah baca novel ini, pasti nggak bakal berhenti senyum, ya, kan?

Dan nggak cuma novel ini, novel-novel Kak Wulan yang lain, seperti Matt n Mou dan A : Aku, Benci dan Cinta juga jadi favoritku lho. Mungkin kalau masih sempat, aku bakal bikin review abal-abal kayak gini lagi hahaha😂.

Aku belum pernah baca novel ini versi Wattpad, bahkan nggak tau yang Wattpad ada ekstra chapter nya juga apa nggak, meskipun kalau memang ada, aku tahu pasti udah dihapus karena kepentingan penerbit.

Ada 1 dialog yang entah kenapa bikin aku ketawa sampai dilihatin orang-orang dijalan (Ceritanya, aku lagi baca novel R di angkot waktu pulang sekolah😅).Padahal, nggak ada unsur lawak nya lho,dimana lucu nya? maklum, selera humorku rendah banget 😬.

       Raja tersenyum penuh berkah, "Assalamualaikum, kelas XI-IPA-1. Saya Raja,''  diteruskan oleh Ladit, "Saya Ladit,''  lalu kembali pada Raja, "Kami berdua Raja dan Ladit."

Gelak tawa terdengar di seantero kelas. Bahkan guru yang berusaha memasang tampang galak pun susah payah menahan tawanya. 

See? Humorku memang patut dimaklumi, teman-teman. Oh, iya. Buat kamu, para pemburu quotes, yang tentunya pengen tau novel ini ada quotes nya apa nggak, lalu kamu lihat dan baca review error ini, tenang aja, novel ini ada quotes nya kok. Tapi, quotes nya lebih spesifik di dialog paragraf nya dibanding di awal bab. Kalau kamu baca dengan teliti, pasti ketemu kok sama quotes nya.

Lalu, bagaimana dengan lanjutan ceritanya? Kenapa nggak dijelaskan lebih rinci tentang teman-teman dan keluarga Raja-Ratu? Apakah mereka bisa benar-benar jadian,mengingat gengsi mereka sangat tinggi melebihi Menara Eiffel? Kamu akan tahu setelah membaca novel ini. Jangan lupa dibeli, ok?


See You Soon 😉







Komentar